Kamis, 04 Januari 2018

Tentang bapak 1

#tentang_bapak

"Ka, tolong anterin nih es batu ke rumahnya si fulan. Jangan manggil dari sini, meskipun rumahnya keliatan dari sini, apalagi nyuruh dia ke sini, jangan! Samperin trus anterin ke rumahnya. Ini kan romadlon, sebentar lagi maghrib. Biasanya orang buka shoum pake sirop, pastinya butuh es batu. Mereka kan ga punya kulkas."

Pesan Bapak sore itu, saat romadlon menjelang maghrib. Rumah tetangga itu hanya berjarak beberapa meter, kalo dilihat kelihatan, kalo dipanggil juga mudah kedengaran. Tapi bapak pesen. Kalo kita mau ngasih orang lain, jangan pernah nyuruh dia ke rumah kita. Tapi kita yang anterin ke rumah dia. Apalagi kalo dia orang ga punya. Dia pasti akan malu kalau datang ke rumah kita.

Jaga perasaan tetangga kalo kita mau ngasih sesuatu. Itu jauh lebih baik. Bisa jadi dia akan malu karena seolah meminta. Maka kita lah yang harus mengerti.

Begitu juga dengan suami. Selalu pesen-pesen kalo mau ngasih apa pun sama tetangga. Adabnya, anterin ke rumahnya. Bukan dia yang kita suruh datang ke rumah. Itu untuk menjaga harga dirinya.

Bapak memang guru bagi saya. Semoga kebaikannya terus menjadi amal jariyyah baginya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar