Kamis, 04 Januari 2018

Iteung part 1

Alhamdulillah

Akhirnya Nyi Iteung saba Jakarta. Untuk pertama kalinya nekad nyetir sendiri ke bandara suta. Padahal belum tahu rutenya. Setelah sebelumnya susah tidur karena mikirin gimana caranya bisa sampe ke sana. Agak lebay emang. Karena Iteung termasuk orang yang cepet  panik dan kagetan kalo di jalanan. Denger bunyi klakson kenceng aja bisa ngos ngosan saking terkejutnya. Lihat motor udah kayak semut, ikutan panik bisa maju apa kagak. Apalagi setelah pernah nabrak trotoar yang rasanya hampir merasa mau mati karena mobil hampir terbalik, itu sebab pas lagi belok ada motor nyelonong tiba-tiba motong jalan. Dari situ jadi takut dan trauma bawa mobil lagi. Maap, ye kalo rada lebay. Tersoal emang Iteung asli kalo sudah di jalan banyak paniknya daripada tenangnya. Alhamdulillah, setelah sebelumnya banyak doa minta sama Alloh, paniknya hilang dan muncul berani.

Setelah banyak konsultasi pada ahli jalanan, hususnya emak-emak strong. Akhirnya Iteung jadi semangat lagi. Kata Ummu Rey, kudu dicoba dan dipaksa biar ntar jadi tau. Ntar ge lama-lama bisa jadi supir bis akap. Pesan yang berfaedah, ya. Nih emak-emak beda banget sama Nyi Iteung kalo di jalanan. Katanya ga bisa lihat jalan kosong langsung pindaaah. Kenceng kayak supir angkot ngejar setoran. Haha. Beda banget sama Nyi Iteung yang istiqomah ambil lajur tengah husus kendaraan lambat. Ga berani geser kiri apalagi kanan. Biar anteng asal ga kenceng. Biar lambat asal selamat. Alon-alon sing penting kelakon.

Ini semua demi Akang yang lagi safar dan pulangnya takut kehabisan bis damri. Jadilah Iteung ikutan mikir. Meski tadinya ga pengen jemput karena sebelumnya juga pilih taksi online, tapi akhirnya nyoba berani aja. Bismillaah.

Wah, ternyata Jekardeh malam hari indah sekali. Dengan kecepatan cuma kurang dari 60km per jam, leluasa lihat gedung-gedung tinggi menjulang dengan lampu yang terlihat indah. Nyi Iteung ga berani kenceng, penakut, makanya santei saja. Aslinya sih, karena masih takut mau pindah gigi lima, padahal jalanan malam itu sepi dan sangat lancar. Alhamdulillah. Mungkin berbanding terbalik dengan malem sebelumnya yang biasanya jalanan penuh dan macet karena pas tahun baru.

Gedung-gedung itu terlihat mewah dan indah. Meski bisa jadi menyimpan cerita kelam di dalamnya. Tentang kupu-kupu malam yang sudah naik kelas dari jalanan ke hotel mewah dan kasur empuk. Tentang para homreng yang ternyata banyak beraksi yang juga merasa berkelas. Beda dengan pelacur dan banci jalanan yang berserakan di pinggir jalan. Ini sebenarnya masalah yang sangat serius, penyakit menular dan sampah masyarakat. Merusak generasi muda. Entahlah, saat orang yang seharusnya mengurusinya tidak lagi sanggup atau ga peduli, kerusakan itu makin hari makin jadi. Sementara tugas orangtua mendidik anak-anak semakin berat sesuai dengan tantangan zaman ini. Semoga Alloh mampukan buat semua orangtua untuk mendidiknya.

Akhirnya, setelah keringetan karena masih agak takut, padahal ac mobil nyala. Alhamdulillah Iteung ditemani sama Sarah yang cuek dan santei. Sambil duduk silang kaki dan maenan hape, padahal emaknya dilanda bingung setiap lihat plang nanya mulu. Katanya,
"Udah lah, umi jalan aja terus. Santei aja!"
Udah gitu ya, pake si gugel maps yang sering bikin jengkel. Gimana ga, coba!
Saat plang petunjuk sudah jelas arahnya. Eh, dia malah bilang kudu belok ke kampung bla bla.. Lhaaa.. Kan aneh. Ada dua apa tiga kali tuh dia bunyinya gitu mulu.

"Sarah, itu kenapa sih gugel mapsnya bunyinya nyuruh kita belok mulu?. Kan plangnya jelas"

Sarah jawab,
"Udahlah ga usah didengerin, dia mah emang suka gitu. Ga jelas"😇

Emaknya nyengir aja. Tuh anak emang santei banget. Cocok sama emaknya yang panikan. Imbang.

Bukan apa-apa, pemirsahhh. Saya kadang takut kalo saya nyasar langsung ke hongkong. Kan repot baliknya. Haha.

O iya, bener. Akhirnya modal nekad jadi tau dan ngerti. Emang kadang kudu dicoba dipaksa untuk tau dan faham. Sama kayak kita, kadang terperosok dulu baru kemudian faham hikmahnya atas sesuatu.

Nyi Iteung cuma pengen cerita aja. Sekedar pengetahuan buat yang mungkin belum tau arah bandara, karena Iteung juga akhirnya kudu baca blog orang lain buat nyari tau dan harus tahu di terminal berapa kita masuk, soalnya kalo salah bisa berabe, jauh. Dari tol Bekasi Timur, masuk ambil tol dalam kota lurus terus arah Cawang Grogol kemudian ikutin trus plang arah Sutta, sudah jelas. Sebelum sampe terminalnya, di atas aspal tertulis nama-nama terminal yang dituju. Alhamdulillah, sehat, selamat, lancar.

Nuhun juga buat Gilang atas segala wasiatnya. 😉
ekarosariasarah.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar