Kamis, 04 Januari 2018

Ambulance

Ambulance

Kondisi jalan masih saja macet, laju kendaraan masih merayap. Tetiba ada bunyi sirine di kiri mobil. Saya melihatnya dan ternyata mobil ambulance. Reflex suami membelokkan arah mobil ke kanan memberi jalan, padahal sudah mentok karena kita ada di lajur kanan. Berhasil, meski mepet, ambulance akhirnya bisa lewat diikuti dua mobil pribadi di belakangnya sambil menyalakan dua lampu belakang. 

Ternyata ada satu mobil yang pas depan kita, tiba-tiba ikutan ngebut maju nyusul di belakang rombongan ambulance sambil ikutan nyalain dua lampu belakang. Padahal itu mobil dari tadi bermacet ria sama dengan kita. Spontan saya sama suami pandang-pandangan trus ketawa bareng.

Aya-aya wae akalnya 😅

Ada-ada aja ulah pengendara. Pengen cepet sampe tapinya jadi lucu.

Kata suami, dulu waktu masih di Bandung. Ada satu orang bapak dengan keberanian yang beda tipis sama watados 😊 jadi kalo lampu merah kelamaan, dia langsung aja nyelonong. Pas dicegat polisi dan ditanya, jawabannya,

"Aduh, punten pak polisi, aya nu maot"

Maksudnya ada yang meninggal makanya dia buru-buru. Padahal mah ga, cuma pinter juga tuh si bapak, dia merasa ga bohong, kan emang tiap saat tiap hari juga katanya ada yang meninggal. 😊

Ambulance adalah satu-satunya mobil yang saya merasa yakin tidak ingin dimiliki secara pribadi.  Bahkan sekedar baru mendengar suaranya saja rasa hati ada yang beda. Apalagi begitu lewat depan mata, jantung rasanya ikut berdebar.  Membayangkan yang di dalamnya, entah masih hidup atau sudah jadi mayat. Terbayang anggota keluarga kita, kemudian reflex merapal doa, Ya robb, selamatkan yang sedang tertimpa musibah. Berikan yang terbaik.

Satu teman saya zaman sd ada yang jadi supir ambulance. Satu hari waktu ketemu saya tanya. Kira-kira dia takut ga karena sering bawa jenazah, bahkan tak jarang hanya dia sendirian  dan hanya berdua dengan jenazah. Dia bilang biasa saja. Tidak takut. Bisa jadi rasa bahwa setiap orang pasti akan jadi jenazah menjadi motivasi dia.

Segala sesuatu akan jadi pelajaran.
Ga usah ikutan amblulance kalau memang kita bukan rombongannya.
Ambulance itu seperti alarm saat di jalanan, bahwa satu saat bisa jadi kita yang terbaring diam di dalamnya. Sehingga akan selalu ingat dengan kematian dan berlomba menyiapkan bekal untuk perjalanan panjang nanti.

Eka Rosaria
Bekasi 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar