Kamis, 04 Januari 2018

Perawatan wajah

Shobaahul khoiir..

Di tengah gempuran harga kosmetik perawatan wajah yang kian melambung, ternyata masih ada cara yang bisa dibilang murah meriah, ga susah nyari dan mudah dilakukan.

Bagi orangtua jaman dulu, memasak nasi itu punya aturan husus. Yakni 'diakeul'. Kalo bahasa indo nya diapakan ya? Nasi yang baru mateng itu diaduk aduk sambil dikipasi biar uapnya keluar. Sehingga nasinya ga basah dan ga mudah basi. Tur juga rasa nasinya jadi lebih pulen.

Nah,
Emak-emak jangan sampai melewatkan uap atau asap yang keluar saat nasi diaduk-aduk. Hadapkan wajah kearah nasi dan biarkan uapnya mengenainya. Akan ada sensai panas hangat. Itu fungsinya bisa membuka pori-pori. Yah, lumayanlah. Menggantikan alat pemanas buat wajah kalo pas perawatan di salon.

Lalu,
Kalo para suaminya suka ngopi, tolong jangan dibuang tuh ampas kopi. Karena ada manfaatnya. Setelah wajah tadi terasa hangat dan porinya terbuka, maka pakailah ampas kopi buat piling wajah. Terapkan kopi ke wajah, lalu gosokkan perlahan secara teratur kearah atas wajah kemudian turun sampai ke leher. Sambil ditotok pelan dan agak lama. Seperti srub lah atau luluran.

Nah, selain di wajah, bisa juga terapkan ke tangan atau bagian mana saja yang dimaui. Maka setelahnya, bilaslah. Dan sensasi kesat akan terasa. Wajah dan badan akan terasa lebih bersih dan nyaman.

Satu lagi,
Saya terbiasa konsumsi madu dan minyak zaitun di rumah. Maka minyak zaitun bisa dimanfaatkan setelah wajah dicuci bersih dari ampas kopi tadi. Caranya, ambil sedikit saja minyak zaitun lalu usapkan ke wajah dan leher serta mana saja yang dimaui. Fungsinya akan melembabkan kulit, menyehatkan dan juga mencerahkan kulit. Minyak zaitun ini adalah sunnah. Maka pakailah!

Lumayan, kan..
Perawatan ala emak modis masa kini yang memanfaatkan apa yang ada di rumah.
Selamat mencoba.  😘😘😘

Tidak ada komentar:

Posting Komentar