Kamis, 04 Januari 2018

Jangan asal komen

Saya pernah buat tulisan. Kisah nyata. Tentang kematian seorang ikhwan dan perjalanan diantarkannya ke kuburan. Saya ceritakan kalo si mayyit di kubur di pekuburan muslim. Dan itu harus. Tidak boleh dicampur karena mayit orang kafir itu akan selalu disiksa di kuburnya.  Intinya saya menuliskan bahwa siksa kubur itu ada.

Tulisan itu saya setorkan kepada seorang pemerhati cerpen. Komennya bikin saya langsung ilfil. Dia bilang bahwa saya jangan sok tau soal siksa kubur bagi orang kafir. Emang kita siapa, kita bukan tuhan, katanya. Padahal muslim saja belum tentu selamat dari siksa kubur, apalagi yang kafir.

Antara miris dan pengen ketawa. Karena ternyata saya salah orang. Sejak itu saya tidak lagi tertarik dikomentari oleh orang yang ga faham tentang masalah agamanya sendiri. Tulisan boleh bagus, cerita boleh bagus, tapi kalo yang dasar saja ga faham, bisa wassalam.

Ideologi dalam sebuah tulisan itu sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar