Minggu, 30 Agustus 2015

Iseng berbuah manis

Assalamu'alikum...

Saya mau cerita sedikit tentang membangun bisnis dari rumah. Bisnis yang dikelola ibu rumah tangga, dari awalnya hanya iseng, hanya biasa saja, tapi kemudian menjadi luar biasa.

Kamis lalu, saya punya kesempatan hadir di acara horeka day yang diadakan di lotte mart Cibitung. Mengadakan lomba menghias cup cake dan juga acara demo masak. Acara yang dimulai siang sekitar jam 2 ini mengambil tempat di dalam lotte mart, hingga pemandangannya cukup asyik. Hehe..soalnya bertaburan barang belanjaan di sekelilingnya.

Acara demo masak kali ini menampilkan seorang ibu rumah tangga yang mengembangkan bisnis bakerynya dari rumah, sendirian. Berawal dari bakat pinter masaknya yang nurun dari ibunya, sekarang sukses dengan bisnis bakery dan pesanan kuliner lainnya. Awalnya didorong teman-temannya di grup masak memasak untuk mengikuti lomba buat masakan kreasi mie yang sebelumnya juga diadakan oleh lotte mart. Akhirnya berhasil jadi juara dua dengan menu andalannya mie rebus khas Palembang. Dari situlah awal karirnya lebih dikenal luas lagi. Pihak lotte mendaulatnya sebagai chef di acara horeka day kemarin. Menunya menampilkan cara membuat pizza homemade yang mudah dan simpel untuk dibuat oleh para ibu di rumah. Menu ke dua adalah membuat samosa isi daging khas cemilan Timur Tengah.

Kemahiran dan kreatifitasnya mengantarkannya pada kesuksesan bisnis bakerynya. Padahal awalnya hanya hobby masak. Kemudian gabung di grup-grup kuliner, praktek, lalu dikenal banyak orang. Satu lagi, chef ini adalah teman saya. Dibalik bisnis bakerynya yang semakin berkembang pesat, dia ingin mengajak kepada semua orang, untuk menggunakan bahan-bahan dan alat yang halal ketika membuat olahan apapun. Dia ingin berdakwah dengan bisnisnya.

Acara ini juga dimeriahkan dengan lomba menghias cap cake. Kue mungil dengan hiasan cantik yang menggoda lidah. Para peserta mengirimkan kreasinya dengan aneka hiasan unik, menarik dan cantik. Ternyata lomba ini dimenangkan seorang anak gadia yang baru lulus SMA. yang mengawali bisnis cup cakenya dari 'iseng'. Ini namanya iseng membawa hoki. Hehe...

Saya bertanya pada orangtua yang mengawalnya ke acara ini, tentang bisnis cup cakenya yang sekarang berkembang sangat pesat. Sampai rela berhenti kuliah sementara demi bisnis cup cakenya. Dia mulai belajar membuat cup cake dan ikut kursus cara menghiasnya. Karena penampilan cup cakenya yang menarik,  pelanggaannya semakin banyak. Terutama kalangan pelajar dan mahasiswa. Meski harganya cukup mahal untuk ukuran kue kecil, berkat kreatifitasnya menghias cup cake, membuat siapapun tak lagi menghitung harga.

Acara siang itu menjadi inspirasi buat siapa pun yang ingin memulai bisnis dari rumah. Bisnis tidak perlu harus memulai punya perusahaan besar jika dari rumah saja bisa dilakukan.

5 komentar:

  1. Menanti masakan buatan Mbak Eka, ni... ^_^

    BalasHapus
  2. Hatur nuhun, kang Arul...seneng euyy dikunjungi suhu..

    BalasHapus
  3. Mas Koko...siaplah kalo cuma sekedar masakan rumah mah...hatur nuhun sudah berkunjung...seneng dikunjungi senior...:)

    BalasHapus
  4. kuenya lucu2, itu sayang aja kalau dimakan XD

    BalasHapus