Selasa, 15 September 2015

Hikmah dibalik musibah

Tidak selamanya musibah itu bikin kita jadi susah. Walaupun pastinya akan meninggalkan rasa sedih yang mendalam bagi yang mengalaminya. Karena ternyata, dibalik musibah itu ada hikmah besar, kebahagiaan yang justru tidak pernah terbayangkan sebelumnya.

Musibah yang menimpa jamaah haji beberapa hari lalu contohnya. Ada banyak hikmah yang dirasakan oleh yang mengalaminya. Banyaknya pahala yang akan Alloh berikan karena kematiannya dinilai husnul khotimah, in syaa Alloh.

Kematiannya dianggap syahid karena mati tertimpa reruntuhan, dianggap baik karena sedang dalam kondisi beribadah, akan dibangkitkan di hari kiamat dalam kondisi bertalbiyyah, disholatkan oleh jutaan kaum muslimin sebagai jaminan bisa masuk surga karena banyaknya doa orang yang menyolatkan, dikubur di tanah harom, keutamaan yang didapatkan si mayyit yang belum tentu didapatkan oleh muslim yang lain.

Berita terbaru, bagi keluarga yang ditinggalkan, akan mendapatkan uang dengan nilai yang besar dan gratis naik haji di tahun berikutnya, menjadi tamu kehormatan bagi kerajaan Saudi. Ini tentu hal yang membuat bahagia bagi keluarga si mayyit, meski harus kehilangan, tapi itulah taqdir, berkah setelah musibah.

Musibah yang tidak harus disikapi dengan ratap kesedihan berlebihan, karena taqdir mati itu pasti dan akan menimpa siapapun orang hidup.

Ada seorang teman yang ditinggal wafat suaminya. Bahkan ketika itu dia dan anaknya sedang sakit cukup parah. Dia tidak tahu jika hari itu, di ahad pagi setelah olahraga, suaminya akan pergi meninggalkannya untuk selamanya. Saya yakin, dia pasti sangat sedih karena kehilangan suami, tapi taqdir Alloh berlaku atasnya. Dia bersabar dengan musibah itu, menerimanya dengan ikhlas. Dan kemudian Alloh berikan kebahagiaan dengan banyaknya tangan-tangan yang memberikan bantuan materi, hingga kedua anaknya yang masih bersekolah ditanggung semua biayanya oleh orang dermawan.

Kematian membuatnya sedih. Tapi Alloh membebaskannya dari beban dunia. Alangkah baiknya urusan orang mukmin, diberi musibah dia bersabar, diberi nikmat dia bersyukur.

Semoga segala musibah yang kita alami, tidak lantas membuat kita putus asa, karena Alloh selalu mengirimkan kebahagiaan setelahnya. Dan janji Alloh itu pasti.

2 komentar:

  1. setelah musibah, Allah mengirimkan kebahagiaan. aamiin.. setuju, Teh..

    BalasHapus
  2. Iya, teh Lina...terimakasih sudah mampir

    BalasHapus