Jumat, 11 Mei 2018

Etika

Adab

Saya lebih suka disapa dan didoakan.

"Assalamualaikum, pa kabar, Ka? "

Atau,

"Baarokalloh"

Saya lebih menyukai kalimat itu yang dikirim ke wa saya. Daripada segala artikel atau tulisan yang dikirim tanpa kenal waktu, tanpa mau tau kabar dan menyapa.

Saya juga menyukai setiap jamaah ibu-ibu yang memberikan jadwalnya suami, tapi selalu diawali dengan doa dan sapaan. Bahagia hati saya. Yang intinya ada obrolan di antara kita.

Atau siapa saja yang menyapa dan bertanya. Kemudian diakhiri dengan kalimat,

"Kakak doakan semoga Eka dan keluarga selalu sehat, ya!"

Entah kenapa, saya bahagia banget dikirimi kalimat itu. Jazaakumulloh khoir, kak Junai. Jujur, seneng sekali kalau sudah didoakan seperti itu.

Tapi sebaliknya, saya sangat tidak suka dikirimi segala tulisan panjang kali lebar. Dari yang isinya taushiah sampai iklan, tapi tidak ada kalimat lainnya. Bahkan ada nomer yang baru masuk. Tetiba rajin ngirim tulisan, hanya itu, tidak ada lain. Disapa balik pun tidak jawab. Maka terpaksa saya blokir. Maapkan kalau saya tidak suka dengan segala bentuk kiriman tulisan tanpa ada adabnya. Saya memang merasa terganggu. Apalagi kalau suara hape saya nyalakan keras. Karena segala chat penting dan jadwal suami semuanya masuk ke hape saya. Hape adalah alat komunikasi. Pastinya dua arah. Maka kalau hanya butuh kirim-kirim saja, silahkan kirimkan ke wa grup saja, bukan ke wa pribadi.

Saya hanya mau hemat energi saja. Karena kadang kita lagi sibuk atau konsen dengan kerjaan, tiba-tiba ada chat wa masuk kemudian kita harus lihat karena dipikir penting. Tapi ternyata cuma gitu saja, tanpa ada sapaan apa pun.

Bagi siapa saja..
Beradablah saat kirim apa pun ke wa pribadi. Tambahkan kalimat sapaan dan doa agar hati yang disapa bahagia.

Dan satu lagi,
Jika kita ingin ngobrol langsung dengan siapa pun, ada baiknya bertanyalah dahulu. Karena bisa saja sedang sibuk dan repot.

Sekian
Baarokalloh fiik untuk siapa pun yang mendoakan saya. Semoga doa yang sama untuk antum semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar