Selasa, 15 Januari 2019

Ga perlu dibanggakan

Pekan kemarin saya ke Bandung. Mau jemput Sarah. Di perjalanan yang biasanya bablas langsung Cibitung Karawang tanpa tol dan baru masuk tol setelah Karawang timur, entah kenapa suami malah tanya. Kira-kira gimana kalau lewat tol dari Cibitung ke Cikarang Utama seperti biasanya dahulu. Lalu saya disuruh lihat gugel maps supaya tahu ada tanda merah macet atau tidak.

Saat lihat gps itu sudah terlihat sekali merah yang sangat panjang, panjaaaanggg. Waktu mau bilang kalau lewat Cikarang Utama itu merahnya panjaaaaannggg, ternyata lampu lalu lintas keburu nyala hijau sementara posisi mobil ada di sebelah kanan dan langsung belok ke arah tol Cibitung. Terlanjur sudah. Akhirnya bertemu juga dengan kemacetan jalan tol. Rutin. Harian. Padahal jika ambil jalan biasa dan masuk tolnya nanti di Karawang, maka perjalanan bisa membuat hati lega, ga ngresulo. Ga keno macett.

Sabar saat macet rasa-rasanya memang bukan hanya solusi tunggal. Sabar sih sabar. Tapi kalau setiap lewat daerah itu kemudian harus tertahan sampai 3 jam, padahal hanya Cibitung ke Cikarang Utama, belum kalau bablas sampai Karawang. Bisa dibayangkan orang-orang yang setiap harinya lewat ke situ mau kerja. Alangkah capeknya. Capek hate euyyy.

Saya pun akhirnya tertahan, hampir 3 jam. Mantappp. Padahal Bekasi ke Bandung itu ga lama, seharusnya.

Suami resah. Saya merasa bersalah karena tidak gerak cepat saat melihat gps dengan tanda merah yang panjang. Akhirnya cuma diam. Menerima dengan pasrah. Kesel juga percuma. Nasi sudah menjadi bubur. Tapi tetep ga enak kalau ga pake ayam suwiran sama cakwe plus krupuk dan sambelnya. Terima nasib.

Lantas saya jadi mikir.

Itu orang-orang yang bangga dengan pembangunan jalan tol, apakah mereka juga merasakan tiap hari lewat situ yang macetnya bisa bikin emak-emak masih sempat dandan mek ap an?

Ah, andai saja mereka memang tiap hari tahu dan memang lewat situ kemudian jadi penyabar, Alhamdulillah. Selamat. Anda orang kuat.

Pembangunan jalan tol yang masih belum selesai dan akhirnya ada penyempitan jalan, ditambah antrian masuk gerbang tol, menyebabkan kemacetan itu sangat menyiksa saya, ini bagi saya. Padahal lewat situ pun hanya sesekali saja. Saya pikir, bagaimana orang-orang yang pagi sore lewat situ?

Belum lagi tarif tol yang diam-diam naek. Kondisi jalan pun ga semulus prosotan, ada lobang sana sini, tambalan sana sini. Bayangkan, sodara! 
Kalau dipikir, ruginya banyak. Waktu, tenaga, materi, plus ngresulo. Sakiitt. Pegel euyy.

Saya jadi ngalamun...
Jalan tol itu tadinya tanah rakyat, dipaksa dijual, buat jalan umum, tapi kudu bayar. Kemana eta duit pajak jalan. Ah, saya jadi keingetan baca berita soal Sultan Jogja yang menolak jalan tol karena sesungguhnya hanya akan membebani rakyat. Wong itu jalan punya rakyat, terus dibangun kok trus suruh mbayar, capek.

Nah, coba deh itu yang bangga dengan jalan tol sampai beritanya ga habis 7 hari 7 malam, bahkan tahunan. Emangnya bisa bangga kalau tiap hari ngalami macet di jalan tol, jalannya ga mulus-mulus amat, suruh bayar mahal, bisa sabar tiap saat begitu?

Saya sih ga yakin kalau yang ngebanggain jalan tol itu memang tiap hari lewat jalan tol. Karena bagi yang mengalami mah, boro-boro kudu bangga kalau sudah kena macet harian, yang ada juga dia pasrah, diam saja, terima nasib. Kalau pas lengang, Alhamdulillah. Pas macet, ya pasrah.

Jadi, ga perlulah itu orang-orang bangga dengan jalan tol. Biasa saja. Toh kita yang lewat juga bayar kok. Yang mau dibanggain apanya? Cepatnya? Memang harus cepat kok, namanya juga jalan tanpa hambatan. Aslinya gitu. Kalau lancar! Kalau macet atau ada kecelakaan ? Lain lagi ceritanya.

Jadi, ga usah pada bangga, ya... Biasa ajah!!

1 komentar:

  1. Ya mau gimana lagi, pemerintah udah kehilangan akal buat nyari pendapatan tambahan buat ngasi makan para koruptor, heheheh

    BalasHapus